AS Roma Resmi Umumkan Negosiasi Penjualan Klub Sedang Berlangsung: Berita Baik Untuk Para Romanisti! Lho, Kenapa?

as-roma-crest

Manajemen AS Roma telah mengonfirmasi kebenaran kabar tengah memproses negosiasi pergantian kepemilikan klub dengan pihak The Friedkin Group, sebuah perusahaan bisnis asal California Amerika yang bergerak di bidang otomotif.

Masa kepemilikan James Pallotta, pengusaha Private Equity (PE) asal Boston Amerika, selama tujuh tahun berpeluang segera berakhir dengan menjual klub senilai £666 juta pada The Friedkin Group.

Tidak cepatnya proses negosiasi bisa dimaklumi dengan beberapa klausul yang perlu disepakati kedua konglomerat Amerika Serikat tersebut.

Semua fans Roma pasti tahu jika Pallotta telah menjadi presiden klub yang memegang sebagian besar saham kepemilikan sejak tahun 2012.

Secara umum, pada era Pallotta, AS Roma mengalami banyak kemajuan positif terutama pada sisi manajemen klub.

Brand AS Roma semakin dikenal di seluruh penjuru dunia sepakbola, terutama di bidang media sosial yang diakui oleh para pundit olahraga: media sosial AS Roma kerap menjadi pioneer dan trending topic untuk beberapa kali kesempatan. Bahkan mempelopori pengumuman pencarian anak hilang yang sudah beberapa kali berhasil mencari anak yang terpisah dari keluarganya!

Selain itu, manajemen klub terutama dari sisi fasilitas sepakbola, infrastuktur olahraga, arena latihan tim, struktur manajemen, dan semacam itu pun semakin membaik dibandingkan era keluarga Franco Sensi.

Bahkan Pallotta pun telah berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan proses pembangunan stadion baru bagi klub raksasa Serie A tersebut, yang pada akhirnya baru saja mendapatkan persetujuan pemerintah setempat Italia pada tahun ini.

Yang menjadi masalah, hingga kini proses rencana pembangunan tersebut masih kerap menemui masalah. Klub juga masih belum menjuarai satu pun trofi sejak era Pallotta tujuh musim menguasai klub.

“Beberapa waktu belakangan pihak kami terus dilaporkan tengah menjalani transaksi potensial dengan pihak The Friedkin Group, dengan ini kami menginformasikan jika proses negosiasi antara kedua belah pihak masih berlangsung,” rilis pernyataan klub Serie A tersebut.

“Setiap transaksi potensial dengan pihak The Friedkin Group masih menjadi bahan negosiasi yang diusahakan berhasil berkaitan dengan masalah legalitas juga.”

Seperti yang kita tahu, AS Roma tahun ini baru saja meminjam hutang cukup besar sejumlah 250 juta Euro, untuk menutupi kerugian klub serta setelah kegagalan total klub musim lalu yang disebabkan kepicikan Ramon Monchi (direktur olahraga AS Roma sebelumnya). Dana itu pun diperlukan agar mendapatkan dana segar bagi operasional klub tahun ini, termasuk pembelian pemain baru.

Saat ini secara keuangan, Pallotta memang sedang di ujung tanduk: apabila klub tidak berhasil mencari investor baru ataupun mendapatkan pemilik baru (dengan dana segar), maka dipastikan AS Roma hanya akan menjadi penonton pada bursa transfer pemain Januari: dan hanya bisa membeli pemain baru, apabila menjual pemain-pemain bintangnya.

Hal itu tentu kita inginkan sebagai seorang Romanisti.

Kita ingin AS Roma menjadi chemistry yang sudah ada pada anggota tim saat ini, dan bahkan memperkuat skuad dengan membeli pemain yang mampu menambal kekurangan tim Paulo Fonseca saat ini.

Kesimpulannya, kita Romanisti harus bersuka cita apabila AS Roma jadi dijual pada The Friedkin Group, atau siapapun pemilik AS Roma selanjutnya: karena kemungkinan pemain bintang seperti Lorenzo Pellegrini, Nicolo Zaniolo, maupun Justin Kluivert untuk dijual semakin kecil peluangnya!

Bahkan bisa jadi, pemilik baru akan menyuntikkan banyak uang bagi transfer pemain Giallorossi!

– Gustaf Ardana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s