Prediksi AC Parma vs AS Roma: Pemenang Laga Ini Sudah Dinanti Juventus!

parma-vs-as-roma

Pertemuan sengit antara AC Parma dengan AS Roma akan menjadi laga pamungkas di babak 16-besar Coppa Italia musim 2019/2020. Laga ini akan digelar di Stadion Ennio Tardini, pada Jumat, 17 Januari pukul 03.15 WIB.

Bagi I Giallorossi, laga ini dapat menjadi momen balas dendam setelah sempat kandas dengan skor 2-0 dari Parma di TKP yang sama.

Dalam dua laga terakhir, skuat asuhan Paulo Fonseca mengalami kekalahan, bahkan terjadi di kandang sendiri. Dua hasil negatif menjadi modal buruk AS Roma dalam mengawali dekade baru, apalagi lawan selanjutnya adalah Parma yang sedang pede-pedenya.

Usai dihajar Atalanta 0-5, Parma langsung bangkit dan belajar dari kesalahan. Mereka kemudian membayarnya dengan menumbangkan Lecce 2-0 di giornata terakhir mereka.

Alhasil, catatan lima pertandingan terakhir Parma sangat mentereng. Sebab, Parma terhitung hanya kalah sekali lawan Atalanta di lima laga terakhir – yang notabene dapat dimaklumi mengingat Atalanta saat ini adalah salah satu tim papan atas Italia.

Sementara itu, sebanyak tujuh klub dipastikan melenggang ke babak perempat-final Coppa Italia. Mereka adalah Napoli, Lazio, AC Milan, Torino, Juventus, Inter Milan, dan Fiorentina: seluruhnya klub papan atas Italia!

Pemenang di laga Parma kontra AS Roma akan menjadi lawan Juventus di babak 8-besar Coppa Italia. Juventus memastikan lolos ke perempatfinal Coppa Italia 2019-2020 setelah menang 4-0 atas Udinese.

Sekarang, tim asuhan Maurizio Sarri itu tinggal menunggu siapa lawan mereka di babak perempatfinal: Parma ataukah Roma?

Kedua tim berada dalam performa yang cukup kontras. Parma menang empat kali dan hanya kalah sekali dalam enam laga terakhirnya (M4 S1 K1). Sementara itu, AS Roma selalu kalah dengan kebobolan 2 gol dalam dua laga terakhir mereka.

Skuad asuhan Paulo Fonseca gagal meraih kemenangan dalam dua laga teranyar melawan dua tim asal kota Turin, yang mana Edin Dzeko dan kawan-kawan tumbang 0-2 dari Torino dan 1-2 dari Juventus.

Tragisnya lagi, ketika dikalahkan Juventus, AS Roma pun harus kehilangan Nicolo Zaniolo yang mengalami cedera parah.

Di musim ini, AS Roma sudah pernah kontra Parma di Ennio Tardini pada laga Serie A. Giornata ke-12 itu berakhir pahit buat Giallorossi. Mereka ditekuk Parma 0-2 lewat gol-gol Mattia Sprocati dan Andreas Cornelius.

Akan tetapi, apa pun bisa terjadi di sepakbola, termasuk melihat AS Roma bangkit dari kekalahan. Terlebih, Coppa Italia merupakan ajang yang paling realistis untuk dimenangi apabila AS Roma berambisi memenangkan sesuatu di musim ini.

Kali ini, pelatih Paulo Fonseca perlu lebih memutar otak. Selain kehilangan beberapa pemain yang cedera, dia juga tak bisa memainkan Edin Dzeko di lini depan. Pasalnya, Dzeko memiliki ‘tabungan’ skorsing dua laga Coppa Italia dari musim lalu, gara-gara aksi kurang terpuji kepada wasit saat AS Roma dipermak Fiorentina 1-7 di babak perempat final (masih ingat saat-saat memalukan ini?).

AC Parma tergolong kuat di kandang. Serangan balik mereka juga berbahaya, dan AS Roma sudah membuktikannya. Parma punya peluang untuk kembali menghempaskan AS Roma.

Meski begitu, dengan kualitas tim yang dimiliki, AS Roma tetap berpotensi menang. Selama AS Roma tak mengulangi kesalahan-kesalahan kecil, serta mampu lebih klinis di depan gawang (hello, Lorenzo Pellegrini??) dibandingkan saat ditekuk Torino dan Juventus, kans untuk lolos bagi Giallorossi tetap terbuka.

5 KONTRA TERAKHIR

11-11-2019 Parma 2-0 Roma (Serie A)
27-05-2019 Roma 2-1 Parma (Serie A)
29-12-2018 Parma 0-2 Roma (Serie A)
15-02-2015 Roma 0-0 Parma (Serie A)
24-09-2014 Parma 1-2 Roma (Serie A)

DATA & FAKTA

– AC Parma cuma menang 1 kali dalam 8 laga terakhirnya melawan Roma di semua kompetisi (M1 S1 K6)
– AC Parma menang 2 kali dan kalah 4 kali dalam 6 laga kandang terakhirnya melawan Roma di semua kompetisi
– AC Parma menang 4 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi (M4 S1 K1)
– AC Parma menang 6 kali dan cuma kalah 2 kali dalam 9 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi (M6 S1 K1)
– AC Parma mencetak minimal 2 gol dalam 5 dari 8 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi
– AC Parma tak sekali pun kebobolan lebih dari 1 gol dalam 7 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi

– AS Roma selalu kalah dalam 2 laga terakhirnya di semua kompetisi
– AS Roma selalu kebobolan 2 gol dalam 2 laga terakhirnya di semua kompetisi
– AS Roma tak terkalahkan dalam 4 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M3 S1 K0)
– AS Roma mencetak minimal 3 gol dalam 4 dari 7 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi

– Gustaf Ardana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s