Analisa Teknikal IHSG (Rabu, 1 April 2020)

Dislaimer: analisa ini adalah hasil opini pribadi, bisa benar maupun salah, so harap gunakan hanya sebagai bahan pertimbangan rekan-rekan saja.

IHSG pada hari Rabu, 1 April 2020 ditutup pada posisi melemah -1.61% senilai 72.89 poin sehingga closing di 4.466.

Secara penurunan harga, alhamdulillah belum kena suspend -5%, jadi masih masuk dalam kategori aman 😁

IHSG nampaknya sudah mulai bergerak sideways sejak hari Jumat yang lalu, yang berarti bagus karena mulai mencari equilibrium. Maksud saya adalah rentang harganya masih mondar-mandir di kisaran harga segitu-gitu saja.

Selanjutnya kita bisa melihat indikator Bollinger Bands paska penutupan harga, apabila jarak antar kurva top dan bottom menyempit, berarti volatilitas market sudah berkurang, dan sudah mulai bergerak sideways. Apabila indeks sudah bergerak sideways, menurut saya bagus karena berarti tekanan untuk downtrend sudah berkurang, dan bisa jadi menjadi awal menuju reversal.

Menurut saya, kuncinya adalah pada harga IHSG di 3.950 sesuai posisi bottom IHSG pada krisis 2020 ini, apabila berhasil ditembus juga, yaa berarti cutloss karena itu posisi kritis Fibonacci Retracement 50%.

Oke kita langsung masuk ke analisa teknikal berdasarkan beberapa indikator yang saya biasa pantengin:

1. Indikator MACD, sudah menembus ke atas kurva pada tanggal 27 Maret. Berarti sekarang sedang di fase uptrend.

2. Dari indikator Bollinger Bands, IHSG nyaris menembus garis SMA-20, berarti sedikit lagi confirmed akan uptrend.

3. Arnaud Legoux vs EMA-5 vs EMA-10 juga sudah ditembus sejak tanggal 27 Maret. Saat ini pergerakan IHSG sedang berada di atas kurva ALMA-50 (garis ungu) yang artinya sudah uptrend

4. ALMA-50 vs ALMA-10 sebentar lagi akan ditembus, maka apabila betul-betul tembus dalam beberapa hari ke depan, mengonfirmasi uptrend.

5. Parabolic SAR juga mengonfirmasi bahwa per hari ini, masih akan uptrend.

Dari beberapa analisa teknikal tersebut, menurut saya, banyak sekali yang memberi sinyal bahwa IHSG akan menuju ke uptrend. Beberapa tools tersebut sudah mengonfirmasi terjadinya uptrend, namun beberapa tools sangat nyaris mengonfirmasi. Namun masih harus menunggu beberapa time frame lagi agar benar-benar terjadi clear signal.

Kemudian dari analisa Japanese Candlestick pun belum ada bentuk candle yang signifikan, berarti saat ini sedang dalam masa konsolidasi/sideways – yaitu sideways yang tengah menunggu konfirmasi uptrend. Dan apabila sideways terjadi setelah periode downtrend yang berat (seperti yang saat ini baru saja terjadi), sideways menjadi indikator yang baik bagi sebuah indeks sebelum terjadi loncatan harga.

Tentu saja apabila tidak ada sentimen buruk lagi terjadi terkait virus Corona.

Akhir kata, menurut saya sebaiknya harus mulai mencicil entry masuk ke emiten pilihan. Karena apabila IHSG anjlok pun, hanya akan suspend di maksimal -5% (IHSG) dan -7% (emiten). Namun kalau melesat, bisa maksimal ke +25% dalam sehari. Telat masuk setengah hari bursa aja, bisa ketinggalan +10% sampai dengan +25% apabila tiba-tiba mendadak ada angin bagus.

Saat ini, mencicil entry adalah strategi terbaik, karena tidak ada yang tahu posisi bottom IHSG berada di mana. Terlalu takut dan menunggu pun, bisa jadi IHSG sudah di bottom pada level 3.950 yang lalu. Namun apabila terlalu pede dan langsung memasukkan semua dana kita ke bursa karena merasa banyak indikator uptrend, maka sama saja bunuh diri hehehe…

Saat-saat sekarang adalah the moment of truth, makanya ketika pada momen emas ini, adalah yang paling tepat juga untuk semakin belajar dan lebih mendalami ilmu investasi.

Apabila momen kritis ini berakhir, dan kita sudah settled dengan memasang posisi di berbagai emiten saham yang kita bidik, maka seterusnya akan menjadi passive income, investasi kita akan tumbuh seiring membaiknya ekonomi.

Dan kita bisa kembali fokus ke aktivitas riil di bisnis ataupun aktivitas profesional masing-masing.

Mimpi indahnya seperti itu.

– Gustaf Ardana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s